"HUMAN ISSUES" Dalam Arsitektur | Contoh dan Penerapannya
HUMAN ISSUES
ON ARCHITECTURE
4. FISIOLOGI (PHYSIOLOGICAL)
ON ARCHITECTURE
Hai sobat kreatif,Dalam mempersiapkan program dan konsep sebelum merancang, maka diperlukan untuk menghimpun berbagai informasi tentang isu penting yang terkait agar proses desain dapat berjalan secara optimal. Arsitek harus mampu mempelajari isu-isu yang menjadi pertimbangan sebelum masuk kedalam proses perancangan. Seorang arsitek harus mampu merespon semua isu dalam mendesain suatu rancangan agar hasil rancangannya tersebut memenuhi semua kriteria arsitektur dengan baik. Dalam dunia arsitektur terdapat 8 issues penting yang harus diperhatikan sebelumnya dalam pemrograman. Suatu proyek bangunan akan berjalan dengan baik apabila memerhatikan aspek aspek tersebut. 8 issues/aspek yang perlu diperhatikan antara lain :
1. Human Issues, berkaitan dengan manusia dan kegiatannya
2. Environmental issues, berkaitan dengan bumi dan lingkungan
3. Cultural isssues,berkaitan dengan undang undang dan perizinan
4. Technological issues, berkaitan dengan sistem bangunan
5. Temporal isssues. berkaitan dengan periode bangunan dan kualitas bangunan
6. Economic isssues, berkaitan dengan material yang dikeluarkan dalam merancang proyek
7. Aesthetic issues, berkaitan kesan bangunan
8. Safety issues, berkaitan dengan keamanan dan jalur bangunan
Pada kesempatan kali ini kita akan lebih fokus untuk membahas hal hal yang berkaitan dengan human issues tentang bagaimana contoh dan bagian bagian di dalamnya.
Human Issues
Human issues atau Masalah pengguna (manusia) ialah salah satu masalah dasar yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan perancangan. Human issues memiliki kaitan erat dengan kegiatan yang dilakukan manusia dalam wadah (Bangunan) atau dengan kata lain Human Issues mencakup hal hal yang berkaitan dengan aktivitas yang berguna bagi manusia itu sendiri. Tentang hubungan manusia dalam wadah,Hal apa saja yang memengaruhi kegiatan manusia dan semua hal yang terkait tentang bagaimana manusia itu akan tinggal. Dalam dunia arsitektural, masalah pengguna(manusia) dibagi menjadi lima bagian yaitu : Fungsi (Functional), Sosial (Social), Fisik (Physical), Fisiologi (Physiological), dan Psikologi (Psycological).
1. FUNGSI (FUNCTIONAL)
Fungsi dalam masalah pengguna mencakup segala hal yang berkaitan dengan aktifitas (activities) yang ditampung dalam wadah (bangunan) tentang siapa saja yang berada dalam wadah, apa saja hal hal yang berada di dalam wadah dan kegiatan apa saja yang dilakukan di dalam wadah tersebut.Selain itu, Fungsi juga mencakup hal hal tentang tujuan dan kegunaan kegiatan manusia dalam wadah.
Contoh : Dulles International airport-Washington,adalah bandara yang memiliki kegiatan paling sibuk. Dalam bandara ini terdiri atas penumpang,petugas,penjual dan beberapa awak kabin.Tujuan pembuatan bandara ini sebagai tempat singgah pesawat dari new york.
2. SOSIAL (SOCIAL)
Sosial dalam masalah pengguna mencakup segala hal yang berkaitan dengan hubungan(relation) yang tercipta diantara manusia dengan manusia atau interaksi yang terjadi dalam wadah yang akan di rancang. Selain itu sosial juga membahas tentang cara yang paling disukai oleh kelompok dalam berkomunikasi. Hal apa saja yang menjadi Trend dan kesukaan para pengguna dalam wadah sehingga tercipta hubungan antar manusia.
Contoh : POTATO HEAD-BALI, Bangunan ini sengaja dibuat dengan dekat pantai untuk memberikan kesan santai dan romantis bagi para pengunjung. Arsitek bangunan ini “Andra Matin” juga mempertimbangkan unsur sosial melalui pemembuatan antar meja yang berhadapan sehingga akan terbentuk interaksi antar manusia.Andra matin juga menyesuaikan furniture dengan trend dan kesukaan para pengunjung.
3, FISIK (PHYSICAL)
Fisik dalam masalah pengguna mencakup tentang karakteristik dari pengguna (CHARACTERISTIC OF USER). Tentang bagaimana bentuk bangunan yang sesuai dengan karakteristik fisik penghuni.Hal hal yang juga diperhatikan dalam fisik ialah usia bangunan tersebut dan fasilitas penunjang bagi orang berkebutuhan khusus.
3, FISIK (PHYSICAL)
Fisik dalam masalah pengguna mencakup tentang karakteristik dari pengguna (CHARACTERISTIC OF USER). Tentang bagaimana bentuk bangunan yang sesuai dengan karakteristik fisik penghuni.Hal hal yang juga diperhatikan dalam fisik ialah usia bangunan tersebut dan fasilitas penunjang bagi orang berkebutuhan khusus.
CONTOH : Bangunan Panti Jompo dan Taman Kanak kanak yang berbeda fasilitas dan bentuk karena disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhannya.
4. FISIOLOGI (PHYSIOLOGICAL)
Fisikologi dalam masalah pengguna berkaitan dengan indra manusia (sense of human). Tentang bagaimana bangunan tersebut menciptakan kesan visual yang menarik ketika pertama kali dilihat. Juga tentang bagaiamana bangunan tersersebut memiliki kecocokam dengan pengguna melalui permainan warna,tekstur, dan material.
5.PSIKOLOGI (PSYCOLOGICAL)
Psikologi dalam masalah pengguna berkaitan dengan perasaan yang tercipta oleh pengguna. Rasa aman dan nyaman menjadi hal yang paling diusahakan agar tercipta. Bagaimana bangunan tersebut dapat melindungi pengguna agar merasa nyaman seperti : Pemisahan antara jalur evakuasi dan jalur pengguna biasa.Contoh : Di beberapa negara seperti amerika khusunya daerah chicago,masyarakat jarang menggunakan pagar rumah sebagai pelindung dikarenakan daerah tersebut jarang mengalami pencurian dan pemerintah telah menerapkan peraturan keras tentang hal itu.
Sedangkan di indonesia hampir semua rumah memiliki pagar rumah sebagai pelindung.
Sekian infonya sobat kreatif semoga bermanfaat !
Bermanfaat banget min!
ReplyDelete